Jumat, 21 Februari 2014

Lagu Ini Diciptakan Untuk Menghina Musisi Lain



Share
Lirik dalam musik biasanya mengisyaratkan sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh penyanyinya. Namun bagaimana jika pesan tersebut merupakan sebuah ejekan untuk musisi lain yang bakal menyulut pertengkaran Keenam lagu ini memang sengaja diciptakan untuk mengejek musisi lainnya. Meski musisi ini tak pernah mengakui atau menyebut nama yang diejek secara langsung, namun beberapa indikasi mengisyaratkan siapa yang kena ejek.

1. Rasa kasihan terhadap seorang gadis membuat Bob Dylan memberikan sebuah peringatan melalui  lagunya berjudul Like A Rolling Stone. Adalah Edie Sedgwick yang coba diperingatkan untuk menjauh dari seniman pop art Andy Warhol.
Namun Edie tidak mengindahkan peringatan tersebut dan semakin dalam memadu kasih dengan Andy. lagu tersebut menceritakan seorang gadis kaya yang berada di kelas paling atas dan pelan-pelan hidupnya runtuh akibat bergaul dengan sang pria (Andy Warhol).
Dan tragisnya ramalan Bob benar, Edie pun menjadi miskin dan menjual semua harta bendanya untuk narkoba dan mencoba membuat temannya terkesan. Edie meninggal dengan kondisi bangkrut dan ditinggalkan oleh Andy Warhol.

2. Melalui lagu Dude (Looke Like A Lady), Steven Tyler mengejek vokalis Motley Crue, Vince Neil. Band pengusung glamrock yang selalu berdandan ala perempuan ini dicela oleh frontman Aerosmith dalam setiap liriknya. Sebenarnya ada kejadian lucu di balik terciptanya lagu ini. Steven yang saat itu bersama Joe Perry (gitaris Aerosmith) masuk ke sebuah bar. Steven merasa menemukan sosok 'wanita' cantik dan menghampirinya dan saat mendekat 'wanita' tersebut berbalik ke arahnya dan ternyata Vince Neil. 
Vince sendiri sangat malu dan menyangkal cerita tersebut bertahun-tahun dan mengaku jika dia dan Steven berada di sebuah bar transgender. Namun cerita tersebut tetap juga dipaparkan oleh Vince sendiri di autobiografinya.

3. Courtney Love adalah sosok yang paling dibenci oleh Dave Grohl. Banyak alasan yang membuat Dave merasa benci kepada istri Kurt Cobain ini.
Lagu-lagu Foo Fighters banyak menceritakan Courtney Love meski tak pernah secara langsung ditujukan untuknya. Lagu Stacked Actors sendiri menceritakan kebohongan yang pernah dilakukan oleh Courtney yang ia sebut sebagai aktris yang pintar berpura-pura dan berakting.

4. Memiliki dua konseptor dalam satu band bisa menjadi baik, namun juga bisa menjadi lebih buruk. Pasalnya setiap individu ingin mengajukan konsepnya agar bisa dipakai di band. Seperti halnya Paul McCartney dan John Lennon di The Beatles.
Meski terlihat padu dalam band, namun keduanya sangat tidak akur untuk urusan konsep band. Mereka pun membuat proyek alter ego dan saling mengejek di lagu ciptaannya. Jika John menciptakan sebuah lagu maka Paul akan menciptakan lagu mengritik lagu tersebut dan sebaliknya.

5. duo pentolan Oasis ini gemar mengkritik dan mengejek musisi lain. Dan salah satu musisi yang tak luput dari ejekannya adalah Kurt Cobain yang disindir dalam lagu Live Forever. Lirik lagu Live Forever sendiri sangat positif tentang menikmati dan menikmati hidup. Lagu ini mengacu kepada kehidupan Kurt Cobain yang sangat muram dan depresi. Lagu ini seakan menjadi surat terbuka untuk Kurt yang sukses namun pesimis adalah kehidupannya.
6. lagu lama Give It To Me milik Timbaland yang dinyanyikan duet dengan Nelly Fiurtado dan Justin Timberlake? Ternyata di lagu tersebut Justin menyanyikan lirik ejekan yang ditujukan kepada Prince.
Lirik 'If sexy never left, then why's everybody on my shit?' ini oleh Justin memang sengaja ditujukan untuk Prince. Dan tebakan Justin ternyata pas, sejak lagu tersebut muncul, karya-karya Prince tak ada yang masuk Hot 1oo single.

itulah beberapa musisi yang mengejek dan kena ejek melalui lagu ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar