Senin, 31 Oktober 2011

Sekilas tentang Friends TV Series



Share
FRIENDS (biasa ditulis sebagai F.R.I.E.N.D.S) adalah sitkom Amerika yang diciptakan oleh David Crane dan Marta Kauffman, yang disiarkan di NBC dari 22 September 1994 sampai 6 Mei 2004. Serial ini menceritakan tentang sekelompok sahabat di Manhattan. Seri ini diproduksi oleh Bright/Kauffman/Crane Productions, bekerja sama dengan Warner Bros. Para produser eksekutif adalah David Crane, Marta Kauffman dan Kevin S. Bright, serta beberapa orang yang kemudian dipromosikan di season-season selanjutnya.
Marta Kauffman dan David Crane pada awalnya mengembangkan FRIENDS dengan judul Insomnia Cafe pada November/Desember 1993. Mereka mempresentasikan idenya kepada Kevin Bright, dan bersama-sama mereka membuat 7 halaman script dan mengirimkannya ke NBC. Setelah beberapa kali penulisan ulang dan perubahan script, termasuk perubahan judul kedua menjadi Friends Like Us, serial ini akhirnya berjudul FRIENDS dan ditayangkan di NBC pada hari Kamis pukul 8:30pm. Syuting serial ini berlangsung di Warner Bros Studios di Burbank, California dengan penonton yang menyaksikan secara live.

Setelah 10 musim ditayangkan, episode final dipromosikan oleh NBC (episode 236), ditayangkan pada 6 Mei 2004, ditonton oleh 51,1 juta pemirsa Amerika, sehingga membuat serial ini menjadi episode final ke-4 yang paling banyak ditonton dalam sejarah televisi, dan episode yang paling banyak ditonton dalam dekade ini. FRIENDS menerima review positif, menjadi salah satu acara komedi yang paling populer sepanjang masa. Serial ini memenangkan banyak penghargaan dan dinominasikan untuk 63 Emmy Awards Primetime. Serial ini juga sangat konsisten dalam 10 besar peringkat akhir primetime. Banyak kritikus saat ini menganggap FRIENDS sebagai salah satu acara terbaik dalam sejarah televisi, termasuk TV Guide, yang memberi peringkat #21 dalam daftar 50 acara TV terbesar sepanjang masa. Serial ini member dampak besar budaya, yang berlanjut hingga hari ini. The Central Perk Coffee House yang sangat dominan dalam serial ini telah menginspirasi berbagai tiruannya di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar