Rabu, 25 Mei 2011

Komik jadul terbitan 1938 dijual dengan harga mahal



Share
Rekor harga komik yang sudah pecah dua kali tahun ini kembali pecah. Sebuah komik Action Comics No. 1 edisi 1938 terjual US$ 1,5 juta (Rp 13,59 miliar) dalam situs lelang ComicConnect.com, Senin (29/3) waktu setempat.

Action Comics yang terjual tersebut menampilkan debut Superman. Para penggila komik menilai Action Comics No. 1 edisi 1938 merupakan 'cawan suci' dari semua komik. Komik itu sendiri saat dikeluarkan pertama kali hanya berharga 10 sen.
Komik serupa terjual US$ 1 juta pada Februari lalu mesi kondisinya tidak sebaik yang terjual pada Senin ini. Rekor harga US$1 juta (Rp 9,065 miliar) pecah beberapa hari kemudian ketika sebuah komik yang menampilkan debut Batman edisi 1939 terjual US$ 1.075.000 (Rp 9,74 miliar) di Dallas.

Action Comics No. 1 diduga terdapat 100 buah dan hanya sedikit saja yang berada dalam kondisi yang bagus. Komik yang terjual Senin dinilai sedikit lebih bagus ketimbang yang terjual Februari. Komik yang terjual pada Senin tersimpan dalam majalah film selama bertahun-tahun sebelum ditemukan.

Komik yang terjual Senin dibeli dari seorang kolektor pribadi dan dijual oleh Stephen Fishler dan Vincent Zurzolo. Fishler dan Zurzolo merupakan pemilik ComicConnect.com. Komik tersebut dibeli setelah beberapa menit dilelang dengan harga US$1,5 juta. Menurut Fishler, pembelinya adalah “seorang penggemar berat komik”.

“Ada banyak upaya untuk mendapatkan buku ini dalam 15 tahun terakhir,” ujar Fishler. “Aktivitas ini, saya rasa berhasil.”

Fishler berpendapat harga komik yang melangit terjadi karena permintaan yang terpendam. Komik-komik berharga semacam itu jarang dijual.

“Saya tidak bisa membayangkan ada buku lain di pasar yang bakal melewati rekor ini,” ujar Fishler. “Mungkin ini adalah yang terakhir setidaknya untuk 10 sampai 20 tahun mendatang sebagai rekor harga sebuah komik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar